Mau pede, ini tipsnya

Banyak orang galau karena tidak pede. Mungkin karena merasa diri  terlalu muda atau kurang pengalaman.  Bisa juga karena faktor tekanan lingkungan dan lainnya sehingga membuat seseorang tidak memiliki kepercayaan diri. Tak heran banyak orang yang mengatakan: “uhm… nggak dhe, gue ga bisa”, atau “gue ga berani, ga bisa mimpin, dia aja, dia lebih hebat” dan kalimat-kalimat sejenisnya. Biasanya orang yang tidak percaya diri menjadi orang yang sibuk menolak kesempatan, sibuk merendahkan diri (btw, merendahkan diri atau minder beda loh sama rendah hati).

Belajar dari Temple Grandin (baca  resensi film “Temple Grandin”: http://puzzleoflife14.com/2018/06/12/resensi-film-temple-grandin/), yang alami cercaan, hinaan saat dia mencoba memberikan ide-ide yang out of box (diluarkebiasaan).  Akan tetapi keadaan ini tidak menyurutkan semangat Grandin malah menjadikan dirinya  lebih percaya diri. Jadi bagaimana caranya agar kita bisa menaikkan pede kita. Berikut ada beberapa tips :

  1. Terima diri sendiri apa adanya

Bagaimana menerima diri sendiri, saya khan ga bisa ini itu, beda ama dia. No, kamu harus bisa menerima diri sendiri karena kamu BERHARGA.  Ada  tulisan  di dalam sebuah kitab suci “Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau….”, Daud seorang nabi juga pernah berkata: “Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.”artinya kita ada karena  kita “ dikasihi dan ditenun” oleh jari Pencipta kita, dan bukan kayak sistem pabrik yang memakai cetakan dan ukuran yang sama untuk semua orang. Kamu diciptakan dengan detail dalam rancangan Tuhan pencipta kita. Inilah yang harusnya menjadi pegangan kita dalam memandang dan menerima diri kita.

  1. Stop bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap pribadi kita UNIK adanya.Unik itu berarti kamu berbeda, tidak ada kamu yang ke dua, ke tiga dan ke empat, bahkan anak kembar saja terlihat banget bedanya. Musikus terjenius seperti Mozart, setelah meninggal tidak ada lagi yang namanya Mozart ke dua yang sama persis dengan Mozart yang telah meninggal, demikian juga kamu. Kamu juga unik, karena punya POTENSI. Setiap individu  memiliki gabungan potensi yang terdiri dari bakat, pemikiran, antusiasme, dll. Jadi STOP membandingkan dirimu dengan orang lain. Apa yang ada pada dirimu belum tentu dan tidak pernah sama persis ada di dalam diri keluargamu, teman maupun rekan sekolah atau sekerjamu.

  1. Daftarkan kekuatan dan kelemahan                                                        Coba yuk menemukan potensi dirimu. Caranya dengan mendaftarkan kelebihan-kelebihan dan kemampuan yang kamu punyai di atas sebuah kertas, dan juga menuliskan kekurangan dan hal-hal yang tidak kamu kuasai di atas kertas. Usahakan yang kamu tuliskan lebih banyak yang positifnya dibandingkan yang negatif sehingga kamu makin pede. 
  1. Cari mentor

Walaupun sudah berusaha menerima dirimu adalah berharga adanya dan punya potensi, tapi tetap tidak pede, tetap mengalami kekuatiran, kecemasan dan rasa minder yang berlebihan, tidak ada salahnya kamu mencari seorang yang kamu percayai, seorang yang lebih dewasa dan seorang yang mampu menolong kamu, mementor kamu sehingga kamu dapat lebih lagi menemukan potensi dirimu dan makin mengenal dirimu.

Di web ini terdapat form yang bisa kamu gunakan untuk konsultasi sehingga kamu dapat lebih lagi mengenal diri, dan jangan segan-segan karena rahasiamu terjamin.

Selamat mencoba!

About Puzzle of Life

Yayasan Puzzle of Life memiliki visi untuk mengembangkan potensi anak muda

View all posts by Puzzle of Life →

2 Comments on “Mau pede, ini tipsnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.