Sekolah /kuliah sambil kerja ?

Yang paling ideal memang hanya sekolah atau kuliah saja, Namun realita seringkali tidak sama dengan yang kita mau. Kalau kondisi ekonomi buruk, maka pilihan balik kepada kita. Mengeluh atau berjuang keluar dari kesulitan. Memang bisa saja alternatif beasiswa kita upayakan, tetapi ada keuntungan lebih kalau kamu bisa sambil kerja. Pengalaman itu akan jadi modal besar untuk ke depannya.

Beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat harus mengambil keputusan:

  1. Cari part time yang lumayan bisa fleksible dengan studimu apalagi kalau sejalan dengan studi itu lebih baik lagi. 

Misalkan ada kawan yang multi media, maka bisa menawarkan diri untuk jadi pembuat video/iklan  ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga part time. Atau kalau kamu merasa suka kerja yang sifatnya outing, bisa juga bantu-bantu pekerjaan  perusahaan yang bergerak di bidang outbound misalnya.

  1. Bikin usaha sendiri

Jika kamu khawatir dengan kerja menjadi karyawan part time akan membuatmu tidak bisa bebas karena terikat dengan waktu bekerja, buat aja usaha sendiri. Ada banyak kok ide bisnis minim modal yang bisa diterapkan bahkan buat kamu yang notabene masih duduk di bangku sekolah. Salah satunya adalah membuka toko online. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan ilmu yang kamu dapatkan di sekolah dengan menjadi guru bimbel  untuk anak SD atau SMP. Kamu bisa belajar sekaligus mendapatkan uang.

  1. Kudu tanggung jawab

Sediakan waktu untuk belajar. Kebanyakan remaja yang bekerja, suka terlena dengan kerja. Apalagi kalau sudah mendapat bayaran, seolah-olah kerja itu bikin nagih. Memang sih sama-sama capeknya, kerja membuatmu dapat uang, tapi studi dapat ilmu. Ingat yang kamu lakukan adalah kerja sampingan dan focus utama tetap belajar.  Sebaliknya kamu juga harus bertanggung jawab dengan kerjaan. Beri yang terbaik karena  bukan hanya pengalaman, kamupun akan dinilai oleh atasanmu. Siapa tahu malah nanti ditawarkan jadi full time pas sudah lulus.

  1. Batasi waktu main-main

Lagi muda biasa pengennya banyak dan butuh having fun donk. Tetap boleh koq, hanya saja jadi terbatas. Upayakan manajemen waktu yang baik, sehingga kamu juga tidak dikomplain sama rekan sebaya karena jarang ngumpul bareng mereka. Jaga hubungan dan networking tetap penting loh. Dan kesehatan tubuh termasuk fun harus dijaga juga.

  1. Jangan mikirin bayaran

Percayalah bahwa kamu akan akan mendapat imbalan sesuai dengan apa yang kamu kerjakan dalam dunia kerja. Jika memang pekerjaanmu baik, maka imbalan akan datang sesuai dengan usahamu. Namun saat kamu masih part time apalagi masih SMA/K wajar jika bayarannya belum seberapa. Seiring waktu nanti gaji akan meningkat juga

About Puzzle of Life

Yayasan Puzzle of Life memiliki visi untuk mengembangkan potensi anak muda

View all posts by Puzzle of Life →