7 Tips untuk mengetahui passion kita.

Suatu kali dalam perjalanan pulang setelah membawakan sesi team work kepada sebuah komunitas remaja di daerah Cileduq, Tangerang,  saya melakukan sesuatu kebiasan yang saya lakukan setiap harinya dengan memberikan pertanyaan kepada diri saya sendiri, Kenapa ya meski tempatnya jauh, mati lampu, tidak ada ac, tetapi ketika saya pulang, perasaan lelah saya seolah-olah tidak terasa bahkan yang  mampu saya rasakan hanyalah perasaan bahagia dan sukacita?

Padahal hanya bertemu sekelompok remaja sekolah negeri yang masih polos, namun energi yang mereka miliki  seperti menyihir saya untuk bersemangat untuk berbagi ilmu dan kemapuan yang saya miliki.  Secara materi apa yang saya lakukan saat ini tentu tidak sebanding dengan apa yang bisa saya dapat jika saya bekerja kantoran, namun lebih dari sekedar materi saya mendapat sebuah kepuasan yang lebih dan rasanya seperti keyakinan bahwa untuk itulah saya ada di dunia ini. Inilah titik awal saya mulai berpikir bahwa saya menemukan passion di dalam kehidupan saya.

Apa itu passion?  Bagi saya, Passion adalah suatu hasrat yang saya miliki untuk melakukan sesuatu hal dengan memberikan yang terbaik yang saya bisa, sehingga kemampuan yang saya miliki mampu untuk membantu mengubah dunia sedikit lebih baik dan kehidupan yang memberi dampak.

Passion bukanlah sekedar hobby, coba-coba, ketertarikan sesaat melainkan sebuah ketertarikan dalam jangka waktu yang panjang. Passion adalah suatu energi yang dapat membuat kita ingin terus belajar dan meningkatkan kemapuan yang kita miliki secara bertahap. Passion adalah keinginan dari dalam diri yang sulit dibendung meski ada rintangan dan kritikan yang harus dilewati.

Sebelum kita membahas tentang passion lebih panjang, coba berikan pertanyaan ini  kepada dirimu sendiri untuk berpikir dan menjawabnya. Jika saya dapat memilih jenis kegiatan atau pekerjaan apapun di dunia ini yang saya bisa kerjakan tanpa saya mendapatkan suatu upah/imbalan namun saya akan tetap melakukannya dengan sepenuh hati dan itu mampu membuat saya merasa bahagia adalah …….

Berikut ini adalah 7 cara untuk membantu kita untuk menemukan passion di dalam diri kita masing-masing :

  1. Jika harus bertanya pada diri sendiri, kegiatan apa yang paling membuat hidupmu puas selama ini? Hidup itu memiliki serentetan peristiwa yang memberi kesempatan untuk kita mengalami dan merasakannya.  Ada hal yang kita suka tetapi kita tidak mampu, ada juga hal yang kita mampu namun kita tidak suka, namun ada juga hal yang kita suka dan kita mampu untuk lakukan itu.misalkan saya suka melihat sebuah lukisan dan gambar-gambar yang indah, namun saya tidak mampu membuatnya. Tetapi ada suatu kegiatan yang saya sukai, saya mampu untuk melakukannya, saya memiliki pengalaman yang menyenangkan dan dapat dibilang saya sangat puas akan hal tersebut.  Kegiatan tersebut adalah mengajar, membimbing, mendengar curhat orang lain. Semua itu mampu membuat saya merasa lebih senang dan akhirnya saya dapat mengerti apa tujuan saya ada di dunia ini.Nah, coba kalian pikirkan apahal yang kalian suka, mampu dan memberi kepuasan di dalam hidup anda? Jika ada beberapa kegiatan yang mampu membuatmu merasakan seperti itu, kalian bisa tulis dan menyeleksinya lagi.
  2. Hal apa yang kamu yakini dengan kuat, walau ditentang oleh hampir setiap orang? Seorang kakak pembimbing saya pernah memberi kritikan kepada saya bahwa saya tidak cocok menjadi konselor.  Saya sangat sedih sekali dan respon saya saat itu adalah menangis, namun di dalam beberapa perenungan ada hal-hal yang membuat saya bangkit lagi dan  berusaha untuk memperbaiki diri. Termasuk ketika kritikan datang dari orang tua yang kurang setuju dengan keinginan saya karena dianggap karir yang akan saya geluti tidak jelas. Namun, tidak hanya kritik yang datang kepada saya, tetapi juga sebuah ucapaan terima kasih yang saya terima dari orang-orang yang merasa ditolong. Dan ini mengubah cara pikir saya untuk tetap melakukan yang saya yakini. So fren, apa yang kamu yakini, meski dikritik tetap maju dan terus belajar?
  3. Selama ini, kemampuan apa yang paling menonjol dari dirimu?  Seorang teman sejak masa SMP sudah tahu  bahwa dia menyukai seni khususnya design. Ia mencoba mengasah kemampuannya dengan membongkar sebuah CPU komputer lama yang dimilikinya dan mengambil kabel warna-warni lalu merangkainya dan  membuat karya seni berupa sebuah cincin yang ia jual dengan murah meriah. Decakan kagum  dan pujian yang ia terima dari orang lain mampu memberi keyakinan, bahwa benar ia punya kemampuan yang unik dan menonjol dari orang lain.Nah ini sih perlu mengumpulka keberani untuk  menilai sejauh apa yang kamu bisa? Dan bagaimana cara kita menghadapi pendapat orang lain yang datang kepada kita?
  4. Pengalaman apa yang berkesan sewaktu kecil dulu? Ibu Ani adalah seorang guru kelas 5 SD, Beliau adalah  seorang guru yang berkesan buat saya. Mengapa? Karena beliau bukan hanya mengajar, namun beliau peduli dengan siswa binaannya. Beliau memberikan waktu untuk mendengarkan dan menolong siswa/inya secara pribadi. Mengingat beliau, membuat saya sadar, mengapa saya tertarik dengan hubungan antara manusia secara personal. Tidak heran, sekarang saya selalu tertarik dengan dunia pendidikan dan juga konseling. Bagaimana dengan kamu? Adakah seseorang yang bikin kamu merasakan sesuatu yang berbeda entah itu gurumu atau orang tuamu, teman atau bahkan kakak pembimbing rohanimu? atau adakah sebuah pengalaman entah baik atau buruk yang membuatmu bertekad bahwa kelak kamu akan menjadi seperti  itu?
  5. Apa yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya dan tetap mencoba lagi meski gagal?  Di awal pergumulan saya mengenai passion, saya pernah bertemu dengan orang-orang yang punya masalah berat, namun saya gagal membantunya karena pengetahuan yang saya miliki masih kurang. Sedih adalah suatu perasaan yang saya rasakan saat itu. Namun hal tersebut mampu membuat saya untuk tidak menyerah dan ingin terus belajar lagi, mencoba lagi, cari mentor dan  berlatih lagi.Mungkin kamu sedang gagal saat mencoba. Jangan bersedih kawan, jika hasrat tersebut masih ada, ayo bangkit dan coba lagi! Hanya saja perlu diingatbahwa hasrat yang dimiliki harus diimbangi dengan bakat dan kemampuan. Misalnya kamu ingin menjadi penyanyi, setidaknya kamu harus dapat bernyanyi dengan tidak fals, memiliki perasaan yang kuat terhadap musik dan suara lumayan merdu. So apa sih yang bikin kamu penasaran meski gagal?
  6. Pencapaian apa yang ingin kamu ceritakan pada orang-orang, 20-30 tahun dari sekarang? Trauma masa lalu yang saya alami ketika saya bertumbuh dari seorang anak-anak menjadi remaja dan menjadi dewasa tanpa memiliki  keluarga yang harmonis, membuat saya bertekad ingin menolong yang memiliki hal serupa seperti yang saya alami, khususnya bagi anak-anak remaja yang memiliki masalah. Kenapa? agar nanti saya dapat membantu mereka untuk tidak putus asa akan hidup dan membantu mereka untuk melihat dirinya dan hidupnya positif sehingga nanti setelah 20-30 tahun kemudian, ketika saya bertemu dengan mereka dan melihat hidup mereka menjadi lebih baik, dan mereka juga dapat menjadi berkat buat sesama. Apa yang kamu rindukan dalam visi ke depan?
  7. Seandainya tak ada orang yang bisa melihatmu, mendengarmu, atau mempengaruhimu; kamu akan menjadi orang yang seperti apa? Nah ini adalah salah satu pertanyaan yang cukup sulit untuk dapat kita jawab. Artinya kalau tidak ada orang yang akan memberi masukan kepadamu, tidak akan ada orang yang mempedulikan apa yang ingin kamu lakukan, apa yang akan kamu lakukan?Kalau buat saya, karena saya tahu bahwa saya ada di dunia karena Tuhan dan Tuhan punya rencana di dalam hidup saya maka patokan tertinggi saya bukanlah penerimaan dari manusia tetapi ketika saya menemukan panggilan saya di dalam Tuhan. Mulai bertanya padaNya akan apa yang Ia inginkan untuk kita lakukan di dalam hidup kita, Ia menyatakan keinginanNya lewat berbagai hal, dari kisah kehidupan, kitab suci maupun lewat doa-doa yang Ia jawab atau bahkan belum dalam jawab ada pelajaran yang ingin Tuhan ajarkan kepada kita. Jadi, saya akan jadi seperti yang Tuhan mau lewat talenta yang Ia beri dan kesempatan yang Ia buka yaitu membagi cintaNya dan menolong banyak orang.Jadi, cari Tuhan sungguh-sungguh, minta Ia menemukanmu dan kau akan tahu pasti apa passionmu di dunia ini.

About Puzzle of Life

Yayasan Puzzle of Life memiliki visi untuk mengembangkan potensi anak muda

View all posts by Puzzle of Life →