Berani mimpi sesuai minat dan pribadi di SMKN 13

coba penjamkan matamu dan tariklah nafas dan keluarkan secara perlahan selama tiga kali, lalu sambil kamu memejamkan matamu bayangkan apa yang akan kamu lakukan untuk 3-5 tahun kedepan akan menjadi seperti apakah kamu?

Remaja adalah masa-masa yang sangat kritis dimana kepribadian dan pengenalan akan diri sendiripun belum terbentuk, lalu apa yang harus dilakukan anak remaja tersebut dalam menjalani hidupnya saat ini disaat merekapun masih dalam masa pencarian? Bagaimana cara mereka mengambil keputusan dengan bijak dan bagaimana mereka berani untuk menujukan siapa diri mereka dan apa yang ada dipikiran mereka?

Kami senang beberapa minggu lalu team puzzle diberi kesempatan untuk dapat membawakan test kepribadian dan test minat bakat di SMKN 13 Jakarta Barat. Test tersebut di ikuti oleh seluruh siswa/i kelas XII dikelas tersebut dengan tujuan dengan mereka mengetahui jenis kepribadian mereka sehingga mereka dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat para siswa.

 

 

 

 

 

 

Test tersebut berjalan dengan sangat lancar, tidak hanya lancar namun test tersebut berjalan dengan sangat baik. Dimana setiap anak fokus mengerjakan test agar mengetahui apa minat dan bakatnya dan apa tipe kepribadian mereka sehingga mereka tahu apa yang harus mereka ambil kedepannya.




Setelah melakukan test, kami membahas hasil test mereka dan kita mencoba mengkaitkan tentang mimpi kita dengan hasil test kepribadian dan test minat dan bakat setiap kita. Jika itu berkaitan maka bagaimana cara kita menggapainya? Apa yang harus mereka lakukan? Apakah mereka harus kerja baru setelah itu kuliah? Atau kuliah dulu? Atau bahkan kerja sambil kuliah?

Saat kami melakukan sesi sharing dan membahas tentang beberapa pertanyaan yang muncul diatas dan saya sangat menghargai keputusan mereka atas ketersediaannya dalam membuka diri dan memberanikan diri untuk bercerita tentang mimpi dan harapannya mereka, tentang kendala dan juga tentang perasaan dan tanggung jawab mereka.

 

 

 

 

 

 

Seketika hati saya tersentuh saat ada orang-orang dari mereka yang menceritakannya dengan mengeluarkan air mata, hai kawan, kamu tidak sendirian. Saya sangat senang dapat bertemu dengan mereka semua, saya melihat banyaknya orang-orang hebat di depan saya, saya melihat harapan bangsa yang sangat cerah.

Dimana anak-anak ini memiliki mimpi yang besar dan mereka sangat ingin untuk menggapainya namun mereka harus terbentur dengan keadaan yang ada. Apakah mereka harus menyerah dan mengikuti arus hidup yang ada? Ataukah mereka harus berani untuk berbicara dan menunjukan apa yang mereka impikan dan keluar dari zona nyaman mereka?

Jelas yang dapat kami sampaikan adalah tidak masalah memiliki mimpi yang besar, tidak salah untuk memilih jenis pekerjaan atau jurusan kuliah yang kamu sukai atau minati meskipun itu bertentangan dengan pilihan orangtua ataupun oranglain, tidak masalah jika harus merasakan sulit dalam menggapai mimpi.

Karena kamu sudah tau tujuan hidupmu, seperti ingin menjadi apa kamu dan bagaimana kamu ingin memaknai hidupmu dan percayalah proses yang berat hanya akan membawa setiap kita menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya dan orang-orang hebat tidak berasal dari orang yang memiliki kehidupan yang nyaman. Bangkitlah kawan, Berdiri dan Berlarilah mengejar mimpimu šŸ™‚

 

About Puzzle of Life

Yayasan Puzzle of Life memiliki visi untuk mengembangkan potensi anak muda

View all posts by Puzzle of Life →