Gonta ganti pacar, boleh gak sih?

Dalam sebuah dikusi LSD di grade 6, seorang pra remaja mengatakan boleh donk gonta ganti pacar, kan belum menemukan yang pas dan itupun papa dan mama setuju koq.

agak kaget sih mendengar jawaban santai seperti itu deh. Belakangan ketemu lagi sama seorang pemuda usia 20 tahun yang mengatakan ada baiknya masa SMP dan SMA itu diisi dengan pacaran, supaya nanti pas kuliah sudah gak banyak bereksperimen coba sana dan coba sini. Aih emangnya manusia itu seperti coba baju. Gak cocok ya gak dipakai lagi alias dibuang.

Guys apa sih pacaran itu? masa menjajaki serius menuju pernikahan bukan? atau masa sekedar uji coba perasaan dan kecocokan. Karena gak ada ikatan yang harus diurus sampai ke pemerintahan, apakah jadi gak terlalu penting untuk serius dijalani?

Andaikan perasaan itu mudah beralih, apa jaminannya pas nanti menikah, hati ini pun dengan berpaling ke lain hati lagi dengan alasan dah gak cocok.

So ada 4 tipe cinta dalam pacaran. Yang pertama cinta storge adalah keinginan menjaga dan bertanggung jawab pada pasangan. Belajar dari papa mama yang peduli sejak bayi, menjaga dan memelihara. Yang ke dua, cinta philia yaitu keinginan berelasi intim alias berbagi suka duka yang biasanya kita alami dengan sahabat. Yang ke 3, cinta eros, cinta yang dasarnya hawa nafsu, ingin memiliki dan berelasi fisik alias sentuhan dengan lawan jenis. Yang ke 3 ini cuma boleh pas sudah menikah dan perlu kontrol abis di mulai pas masa akil balik. Tiga jenis cinta ini gak cukup untuk membuat seorang bertahan lama dalam relasi.

Butuh yang ke 4, cinta agape, yaitu cinta tanpa syarat. Aku tetap mencintaimu meski kau melakukan kesalahan, meski kau nggak sempurna, meski kau sudah tidak cantik atau ganteng. Cinta yang ke 4 yang akan buat kamu setia dan bertahan dengan satu pasangan. Cinta ke 4 hanya bisa kamu dapat kalau kau sendiri merasa sudah dikasihi sama Sang Pencipta dan merasa diri berharga dan tidak bergantung pada orang lain untuk merasa diri baik.

Yuk temans, kejar cinta yang ke 4 supaya kau tidak salah pilih orang dan terus bereksperimen dalam rangka mencari cinta sejati. Sebab cinta sejati dimulai saat kau mengerti dan mengasihi diri sesuai apa kata Penciptamu. Baru abis itu pacaran.

About Puzzle of Life

Yayasan Puzzle of Life memiliki visi untuk mengembangkan potensi anak muda

View all posts by Puzzle of Life →