Happy jomblo life

Menutup February yang penuh dengan segala hal yang berhubungan dengan cinta, saya ingin berbagi soal cinta gak melulu kalau udah ada pasangan. Kamu tetap bisa punya cinta dan bahagia meski masih jomblo loh. Kenapa? Kalau bahagia hanya bisa dialami pasangan, maka harusnya  tidak ada masa jomblo.

Jomblo itu masa mengenal diri lebih dalam dan membangun diri lebih kokoh sebelum saatnya masuk ke tahap berikutnya yaitu berpasangan. Kalau masa jomblo tidak dialami dan dinikmati, bisa muncul frustrasi. Paling parah, pas masuk pacaran yang ada malah keluhan…” Aduh gak enak ya pacaran, berasa gak bebas…”

Beberapa tips yang bisa dilakukan di masa jomblo:

  1. Kasihi diri seperti Allah mencintaimu

Kamu nggak akan mampu mengasihi orang lain kalau gambar dirimu aja buruk alias minder. Jangan pernah ngarep orang lain/pasangan yang bikin kamu jadi pede, karena kamu sendiri harus cukup bangga dengan dirimu supaya nanti punya relasi yang seimbang dengan orang lain. Nah cermin paling pas  adalah melihat bagaimana Allah mencintaimu apa adanya. Menyadari kehadiranmu di dunia bukan kebetulan/kecelakaan tetapi karena Dia mau supaya kau berperan di dunia ini. Siapapun kamu, Allah punya rencana besar ke depannya.

  1. Eksplore banyak kegiatan sampai kamu ketemu potensi yang kuat

Mau tahu kamu bagusnya di mana, harus berani eksplore, coba-coba sambil uji diri. IKut kegiatan olah raga, music, science, dll sambil melihat kapasitas dan bakat yang ada. Kalau udah pacaran mana mungkin ini bisa dilakukan. Yang ada pacar bisa ngomel karena kurang diperhatiin.

  1. Eksplore banyak teman yang memperkaya karakter diri

Saat jomblo kamu bisa temenan sama siapa aja. Setiap orang ada keunikannya dan lewat pertemanan, kamu jadi kaya akan berbagai karakter orang di dunia ini. Mau dia seorang konglomerat sampai abang-abang penjual Koran, selalu ada kisah menarik dalam kehidupan mereka yang bisa kau pelajari. Entah itu kerja keras, ketekunan dan kerendah hatian mereka bisa jadi inspirasi hidup.

  1. Berpetualanglah mencari pengalaman

Indonesia banyak punya tempat menarik. Kamu bisa backpacker jalan keliling sambil mempelajari budaya dan kehidupan berbagai suku. Di momen liburan, bisa pergi ramai-ramai sama teman. Belajar beradaptasi dan memanage diri hingga diterima di berbagai tempat. Kamu akan bersyukur banget kalau punya kesempatan kaya gini sebelum terikat sama satu orang yatu pasanganmu.

  1. Belajar berbagi pada dunia

Terakhir semua pengalaman yang kau dapat akhirnya bermuara pada kesempatan berbagi untuk sesama. Entah lewat blog atau vlog. Entah lewat karya dirimu sendiri membuat sebuah upaya menolong orang lain. Lewat kemampuan berbagi sudah pasti kamu lebih mampu berbagi dengan pasanganmu. Dalam berbagi kamu lepaskan ego dan mendapat kebahagiaan yang tidak bisa dibeli oleh apapun

Selamat menikmati cinta dalam masa jomblo. Be Happy all the time!

About Puzzle of Life

Yayasan Puzzle of Life memiliki visi untuk mengembangkan potensi anak muda

View all posts by Puzzle of Life →